Monday, April 28, 2008

How Manipulate U Are? Terinspirasi dari Street Kings


Beberapa waktu lalu, saya menonton “Street Kings”. Film yang cukup bagus diantara berbagai pilihan tayangan di 21 yang seputar film Indonesia yang semakin hari semakin banyak jumlahnya, tapi semakin ga menarik ditonton.

Selain itu, alasan lainnya, saya bisa memandangi lagi wajah Keanu Reeves yang masih seganteng seperti 10 tahun lalu ketika bermain dalam film "Speed" (ups, jangan-jangan dia suntik Botox hehehe....).

Alur cerita film bergenre action ini memang standar. Menyorot hitam putih dan polisi kotor. Keanu Reeves berperan sebagai Tom Ludlow, detektif LAPD yang mencari penyebab kematian mantan partnernya Terrance Washington (Terry Crews).

Namun tunggu dulu! Ludlow sendiri bukan jenis penegak hukum yang bersih. Selain tukang mabuk, Ludlow sering melanggar prosedur. Dan kinerjanya yang bagus di lapangan –meski banyak pelanggaran- selalu ditutupi sang bos, Kapten Jack Wander.

Dari awal kita bisa menebak bahwa kapten dan rekan-rekan berada di belakang aksi pembunuhan dan kejahatan yang diselidiki Ludlow. Tapi, ternyata ada kejutan-kejutan lain di belakangnya. Film ini memotret polisi kotor, ketika menggunakan ‘aib’ orang sebagai alat pemerasan, atau menyalah gunakan jabatan dan kuasa demi mewujudkan ambisi pribadi. Hmm.. suatu gambaran yang bisa terjadi di negara mana saja, di berbagai jenis pekerjaan dan strata sosial, bukan?

Saya jadi membayangkan kalau diri ini menjadi manusia yang manipulatif. Melihat celah, menjadikan ‘rahasia’ orang untuk mesin cetak duit, atau menerapkan asas manfaat yang teramat sangat. Hmm, betapa cepat kayanya gw ya.. Auch! Tapi menyeramkan agh. Ketika kamu memilih jalan itu, maka ada kenikmatan sekaligus konsekuensi tersendiri.

Sudahlah Eno.. sing lurus-lurus saja... Allah juga ‘mendengar dan menjawab’ doa hambaNya yang bersyukur dan mengolah rezeki secara halal....

Ohya, berarti saya juga mau mengucapkan terima kasih untuk teman saya yang bersedia ‘menarik-narik’ saya ke bioskop. Gara-gara dia ingin melunturkan ke-bete-an saya, kata dia saya perlu refreshing nonton. Walah bener tuh! Udah beberapa bulan ini saya tidak nonton di bioskop. Thanks ya bro...

Btw, si Keanu Reeves dalam film ini tampak kalah ganteng dengan detektif muda yang diperankan Chris Evans. Haha.. namanya juga yang baru itu lebih segar!

1 comment:

Restituta Arjanti said...

"Beberapa waktu lalu, saya menonton “Street Kings”. Film yang cukup bagus diantara berbagai pilihan tayangan di 21 yang seputar film Indonesia yang semakin hari semakin banyak jumlahnya, tapi semakin ga menarik ditonton."

street kings dibandingin sama tali pocong perawan atau hantu kereta api (or whatsoever pelem-pelem horor katrok gitu) ya jelas bagus banget lah, eno :))