Wednesday, April 18, 2012

Gadget Uzur atau Masalah Data

Akhir Maret, saya mengalami ‘kecelakaan’ fatal dunia modern. Yaitu terkait manusia bersama masalah laptop-nya. Salah membuang piranti lunak berakibat file-file di dalam laptop sebagian tidak bisa dibaca.
Dibawa ke toko komputer di Bogor, diinstal ulang sekaligus membuang virus-virus yang beberapa waktu belakangan membawa masalah menduplikasi file yang sedang kubuka.

Tapi ternyata tampilan baru, fitur Office yang tiba-tiba terasa asing, beberapa data yang hilang (meskipun saya sudah menyerahkan sebuah External HD kepada Mas bagian install, untuk menjadikannya tempat backup data dari semua file-file yang saya miliki, meski sepertinya tidak dia kerjakan, dan tetap saja ada yang hilang).

Hari-hari berikutnya  laptop yang kunamai BeetleBug  ini seperti kebalikan dari Tomcat. Jika kumbang Paederus fuscipes ini dikenal sebagai serangga  penjelajah dan aktif berjalan-jalan, bahkan wuzz wuzz bikin heboh dengan cairan berbisanya, dan kebalikannya si BeetleBug menjadi kumbang yang sekarat. Mati tidak, hidup juga kembang kempis.

Pernah pada suatu hari mengalami hang dengan kondisi batere masih melekat di badan laptop. Baru bisa lancar berjalan setelah copot batere. Hari berikutnya file-file terbuka dalam jeda waktu lama, atau pernah hang hingga restart.
    
Seorang teman mengatakan coba melakukan langkah defragmented. Dan pindahkan sebagian file-file yang jarang atau tidak terpakai ke dalam External HD. Dan hasilnya selama 30 menit saya masih duduk manis menunggu file-file dipindahkan ke External HD sambil menulis blog ini. *smile*

Menduplikasi 56.856 items atau 32,5GB ke dalam alat penyimpan data eksternal menimbulkan status "1 day remaining: rrrrrrr....  ^.^ ......  Atau memang usia laptop menjelang 3 tahun, merek Adv*n, Intel Core2 Duo, dengan kapasitas memori 1 GB DDR2 sudah memasuki uzur?

Dan tiba-tiba melihat BlackBerry ku pun sudah mengelupas, tombol huruf yang asik asoy untuk dipencet-pencet tapi kata orang di showroom BB sebagai tanda trackpad dan keypad sudah jleb..jleb.. secara verbal, bak patok-patok kayu masuk ke dalam lumpur. 

Sepertinya saya butuh waktu khusus membersihkan data-data di dalam gadget, menghindari tiba-tiba hilang, mengurangi memori, hingga tiba kesempatan saya membeli perangkat yang baru. *Doa*  


No comments: