Tuesday, July 31, 2012

Cantik Menurut Kamu


Hasil survey yang dilakukan Dove menemukan bahwa mayoritas perempuan Indonesia tidak merasa cantik. Mereka justru lebih mudah menemukan kecantikan pada perempuan lain. Survey ini dilakukan pada 1.244 perempuan yang tersebar di 10 kota.

Personal Care Vice President PT Unilever Indonesia Tbk., Deby Sadrach mengatakan kebanyakan perempuan mengeluhkan masalah kulit dan rambut. (Komodifikasi – Kompas Minggu, 24 Juni 2012).
Survey ini ternyata berkaitan dengan produk pelembab badan yang dipromosikan oleh Dove. Namun yang saya tangkap, survey ini semakin membuktikan definisi “cantik” ini selalu berkonotasi tampilan fisik.

Di sisi lain survey juga membuktikan mayoritas perempuan memang senang membandingkan diri dengan perempuan lain. Sama seperti saya yang selalu merasa cukup manis tapi tidak cantik karena berat badan yang susah diturunkan.. *haish..* dan sering mengagumi badan perempuan lain yang jauh lebih langsing.

Dan saya juga membenarkan bahwa dalam kehidupan nyata, orang sering terpesona lebih dulu kepada tampilan fisik. Wajah rupawan, penampilan rapi, baru kemudian berlanjut pada obrolan yang mungkin bisa menunjukkan kualitas berpikir dan daya tangkap seseorang. Kadang pun orang ga peduli bahwa rekan diskusinya dongo atau ga nyambung dalam obrolan, karena raut muka sudah mempesona mata.

Berpikir positif dan hati yang baik memang bisa memberikan inner beauty. Dan percaya atau tidak, dari pengalaman pergaulan saya sekarang ini yang semakin luas, saya bisa mengatakan orang yang rajin beribadah, diikuti juga dengan hati yang tulus, akan membawa pancaran aura rupawan di wajahnya.

Tapi suka atau tidak, saya atau Anda bakal dinilai duluan dari sisi fisik. Terlahir cantik rupa atau ganteng seperti aktor laga Joe Taslim memang sudah suratan rezeki dari Yang Kuasa. Namun kita bisa terlihat menarik jika berpenampilan rapi, seperti baju yang terlihat kena setrikaan, penampilan mix n’ match, kulit bersih dan badan tidak memancarkan bau karena rajin mandi dan berganti baju. Cara lain untuk tampil cantik adalah dengan rajin merawat tubuh. Saya juga pernah bertemu seorang pengusaha besar di Batam yang lebih senang pegawainya bertubuh ramping, karena gemuk identik malas dan gerakannya lambat.

Usai menulis blog ini, membuat saya ingin mengambil sepatu olahraga dan melakukan lari-lari kecil di sekitar komplek rumahku.  *smile*


No comments: