Thursday, December 08, 2005

A-HA

Sometimes world is the fast line!

A-HA merupakan grup band favorit saya. Disamping ‘menjejali’ kuping dengan lagu-lagu dari Duran-Duran, Alphaville, dan Spandau Ballet semasa tahun 80-an.

Grup musik asal Norwegia ini dibentuk tahun 1982. Anggotanya hanya tiga orang saja, Morten Harket (lead vocals), Pål 'Paul' Waaktaar-Savoy (gitar) dan Magne 'Mags' Furuholmen (keyboard, piano).

Tiga tahun kemudian, keluar album pertama mereka : “Hunting High and Low” (1985), dan berturut-turut selanjutnya "Scoundrel Days" (1986), "Stay On This Roads" (1988), “East Of The Sun, West Of The Moon" (1990), "Memorial Beach" (1993), “Minor Earth Major Sky" (2000), "Lifelines" (2002) dan "Analogue" (2005).

Sudah 20 tahun berlalu. Tentu saja si mata tajam Morten Harket yang kelahiran tahun 1959 sudah bukan lagi pria muda berambut jambul. Atau Pal yang imut-imut kini bergurat kerut di wajahnya. Mags? Duh, dulu tidak gua ‘lirik’.

Oke. Kembali ke maksud semula aku ingin menceritakan A-HA. “Hunting High and Low” (HH&L) adalah album pertama yang langsung meledak dan membuat mereka mendunia. Sometimes world is the fast line!

Salah satu lagunya, 'Take on Me' direkam dan diedarkan di bulan September 1985 memakan video klip setengah animasi berbiaya $(US)100.000 (dan memenangkan penghargaan). Dan, lagu ini menjadi nomor 1 di 9 negara, termasuk Amerika Serikat. Ada peraturan tidak tertulis industri musik bahwa grup asal Eropa ‘belum menaklukkan dunia’ bila belum menembus pasar Paman Sam.

Albumnya sendiri terjual hampir 8 juta copy. Masih ada tiga lagu lain dari album yang sama yang sukses di tangga 20 lagu teratas di seluruh dunia, yaitu 'The Sun Always Shines on T.V', 'Hunting High and Low' dan 'Train of Thought’.

Album HH&L adalah salah satu album yang menurut saya termasuk ‘tidak tergerus zaman.’ Everlasting dan tetap enak didengar. Hampir semua lagu di dalam album itu. Suara Morten dalam artikulasi British yang jelas, suara tinggi dan khas, disamping beat yang memang A-HA banget, sampai sekarang bikin saya melayang-layang.

Ada satu lagu yang sampai sekarang saya sukai dengan lirik yang touchy :

"And You Tell Me"

Please don't hurt me
I have told you
All my love is all I've got
And tomorrow is the day
When I for your sake
I'm coming back

And you tell me
That I don't love you

I'm trying hard to make you jealous
Trying harder to make you stay
Days are longer
Night are crazy
It's so strange when you're away

And you tell me
That I don't love you

Because I love you
I’ll show you
All the faces my love can have
So please
Let me come to you
And stay this time

And you tell me
That I don't love you
Oh you know
That it's just not true


Sampai saat ini saya masih menyimpan kasetnya. Masih mendengarkan lagunya seperti saat ini (ketika saya menulis artikel ini). Akan tetapi, kualitas suaranya memang sudah tidak jernih. Mungkin kaset saya ini sudah termakan zaman dan terlalu sering diputar, di fast forward & rewind :-)

Saya memang ada niat untuk mengumpulkan CD penyanyi/grup band yang menurut saya layak simpan sebagai collectible items. Mengenai daftar CD yang ingin saya kumpulkan mungkin bisa saya tulis lain waktu di blog ini.

Nah, ada yang bisa bantu saya untuk mencari CD “Hunting High and Low” ?

3 comments:

Vendy said...

kayaknya sih dah susah. soalnya cari lagu Duran Duran ajah dah setengah hidup T_T

Ardi R said...

Saya mulai Menyukai A-ha sejak Tk. Tahun 86-87 abng saya membeli kaset A-ha dan memutar lagu Take on Me dikamar. Saat itu saya hanya memperhatikan musiknya dan suka dengan nada keyboardnya. Namun ketika usia mulai menginjak ke 24 (sekarang 36), baru saya menyadari bahwa kualitas dan karakter suara dari Morten Harket sungguh luar biasa. Sampai hari ini saya selalu mendengarkan lagu a-ha. Dark is the night for all,take on me,foot of the mountain dll, selalu terdengar disetiap hari...:0

Dewi Retno Siregar said...

thanks for @Ardi R stopping by.. buat saya skrng lagu-lagu A-HA sudah termasuk klasik dan playlist yang everlasting. tidak membosankan. Masih menemukan sensasi baru, misalkan dulu tidak terlalu suka lagu "Blue Sky" saat pertama lagu ini keluar, tapi sekarang malah senang dengan beat-nya.