Sunday, May 04, 2008

Rindu Makan Soto Betawi

Jumat malam, sepulang kerja, langsung pulang ke Bogor. Saatnya pulang kampung, rindu rumah, dan ingin memanjakan lidah dengan masakan mama. Hmm, nyokap ku memang jago masak :p~

Namun pulang ke Bogor, malah melanglang cari makanan di luar. Beberapa hari ini, saya ingin makan soto betawi, yang menurutku terenak itu ada di jalan Padang, dekat kantor lama saya. Kalau tidak salah namanya Soto Betawi Haji Husein (hehe.. bukan berpromosi sih). Sayangnya sih ga kesampaian. Pertimbangannya karena jarak tempat kerja sekarang ke Manggarai sudah jauh (males agh jauh-jauh jalan ke sana demi semangkuk soto ... ). Alasan malas lainnya adalah jam paling afdol untuk datang ke sana sekitar jam 11-an, saat orang belum ramai makan siang, dan tentu saja pilihan daging dan jeroan masih variatif.

Akhirnya, keinginan makan daging kaki empat (haha.. gw dah berjanji mengurangi mengunyah daging hewan berkaki empat seperti sapi atau kambing. Jadi, karena ’mengurangi’ dan bukan ’pantang’ maka boleh lah menikmati santapan berbahan daging merah itu sesekali....) kesampaian pada Sabtu siang di Bogor.

Di kawasan Air Mancur yang memang sebagai pusat jajanan di kota hujan, ada tempat yang namanya Mang Endang, yang terkenal karena sup buntutnya. Tapi bagi saya (yang memang tidak doyan makan sup buntut), yang enak itu soto dagingnya. Satu porsi berisi keratan daging sapi empuk tanpa lemak, serta berkuah santan diperkaya cacahan daun bawang dan sereh. Memang miskin sayur. Sedap dilahap bersama nasi putih yang ditaburi bawang goreng.. plus kecap manis.

Hua .. kesampaian juga makan soto bersantan gurih. Pulang dari sana, nyambung ke supermarket belanja bersama keponakan. Keinginan lain, ingin menyantap chicken nugget. Agh, dasar kelamaan jadi anak kos-kosan, sepertinya lidah ini terbiasa makanan beli di luar... Agh, lupakanlah berapa besar asupan yang masuk berbanding lurus lenyeh-lenyeh di akhir pekan.Sepulang dari rumah, jangan lupa untuk kembali membakar kalori melalui olahraga :D



(Gambar ini bukan bentuk soto daging di Mang Endang ya....)

No comments: