Monday, December 29, 2008

Resolusi 2009

Simpan saja daftar panjang Resolusi 2009 dalam diari pribadi. Sedikit narsis, sedikit celotehan yang mungkin juga menginspirasi orang lain, atau silahkan lewatkan saja- tulisan di bawah ini sebagai resolusi Si Eno di Tahun 2009 Masehi/1430 Hijriyah dalam gaya wawancara. (Meski tidak mengungkapkan semuanya,... )


Apa kabar, Eno. Sedang sibuk apa sekarang nih?
Baik. Saat ini Eno masih dengan pekerjaan lama. Rasanya tahun depan juga masih fokus di bidang (pekerjaan) yang sama.

Apa arti Resolusi bagi Eno?
Satu atau banyak hal yang ingin direalisasikan dalam hitungan satu tahun.

Resolusi atau rencana yang ingin dilakukan di 2009?
Fokus pada kerja dan kemampuan diri. Misalkan tidak sekadar motret-motret, tapi juga memahami teknik mengolah foto seperti Photoshop. Ingin membukukan kumpulan puisi saya.

Ohya, kamu suka fotografi. Masih mau serius menekuni?
Ya. Tapi setahun belakangan ini tidak meluangkan waktu khusus untuk hunting foto seperti tahun sebelumnya.

Mungkin karena motivatornya sudah tidak ada?
(Terdiam beberapa saat). Karya fotoku yang dipajang di mall memotivasi bahwa saya punya kemampuan di bidang itu. Komentar, kritik maupun pujian bisa menjadi cambuk perbaikan hasil. Namun gimana ya?? Memang tahun ini aktivitas atau pekerjaan sudah memakan waktu, sehingga weekend inginnya istirahat di rumah saja.

Apa yang sudah kamu capai di tahun ini?
Hmm... rasanya keberhasilanku di tahun ini, tidak sefantastis tahun 2006. Tahun ini lebih let it flow dalam menjalani hidup yang sudah ada. Usaha yang saya rintis bersama teman-teman belum sukses. Mungkin belum rezeki, atau kurang fokus. Tapi saya rasa kami bakal punya peluang lain. Asalkan ada komitmen bersama untuk maju. Yang jelas, semua jadi pengalaman sebagai bagian dari pembelajaran.

Namun lebih jauh, saya mencapai apa yang bukan sekadar membuat daftar lalu membubuhkan tanda check ketika target sudah terealisasi. Saya merasa lebih menerima diri, bersyukur.

Ada lagi?
Blog pribadi lumayan rajin diupdate, rencana membuat blog resensi buku dan film sudah terealisasi, masih ada undangan menjadi pembicara pelatihan penulisan, lebih bersosialisasi dengan keluarga besar, serta berusaha keluar dari lingkungan yang sama (sembari tangan menirukan tanda petik). Saya berusaha mengasah kemampuan nulis puisi, bergabung dengan komunitasnya termasuk ke acara copy darat.

Lainnya?
Secara garis besar, tahun ini kehidupan saya seperti roller coaster atau kurva positif yang mencapai puncak hingga pertengahan tahun. Penuh dinamika dan kesibukan. Lalu, menurun jadi garis datar sampai akhir tahun.

Anehnya, jika dulu saya sering resah, ngotot harus dapat, kini saya bisa memandang suatu sandungan sebagai cermin diri. Lebih dekat kepadaNya, minta maaf jika diri ini pernah menjadi makhluk Tuhan yang sombong atau egois terhadap orang lain. Jika kamu sadari, dalam hidup ini begitu banyak orang yang memperhatikan dan mencintai kamu, sementara kamu justru menyakiti mereka.

Selain itu, saya juga belajar bahwa orang luar –dalam arti, keluarga atau sahabat- bisa memandang satu hal secara obyektif daripada kamu sendiri. Saya kini memahami arti, ”bloody is thicker than any other circumstance” dan “that’s what friends are for”.


Ada pembelajaran lain di tahun ini?
Setiap waktu, setiap perjalanan dalam kehidupan pasti ada pembelajaran. Ada tapi mau kusimpan untuk sendiri ya.

Tiga kata yang menggambarkan Anda?
Kok hanya tiga kata ya? Kurang tuh hehe..... Oke, saya coba padatkan : keukeuh kalau punya mau, sekaligus moody, dan tepat waktu. Atau padanan lain adalah si cerewet, emosional, baik hati.

Ada yang mau diperbaiki di tahun depan?
Di tahun ini masih sering bawa pulang kerja kantor ke rumah. Kadang hal itu padahal bisa dihindari kalau saja tidak menunda menyelesaikannya.

Something you dream about?
Old mini cooper.

Jadi, tahun 2009 ingin beli mobil itu?
Hahaha....... Ga lah. Belum mampu....

(Gambar mobil dikutip dari : www.4tutto.com)

1 comment:

Iskandar Arai Borneo said...

wah ttg Resolusi 2009, he2..
mesti lebih konkrit lagi tuh n ga menerawang ha,.2.. kaya mobil itu ha2..
salam kenal Iskandar Borneo.